Festival Perang Air Tradisi Perayaan Imlek Selatpanjang Riau

Festival Perang Air Tradisi Perayaan Imlek Selatpanjang Riau

KalvinLiang.com – Festival Perang Air Tradisi Perayaan Imlek Selatpanjang Riau atau Cian Cui dalam bahasa Hokkian mirip dengan Sonngkran Thailand kian dikenal hingga ke manca negara. Kebiasaan ini sudah dilakukan di kota kecil sejak lama di sebuah kabupaten Riau Kepulauan sejak lama. Seiring dengan kemajuan informasi, tradisi ini membuat Selatpanjang kian dikenal oleh turis asing.

Festival Perang Air Tradisi Perayaan Imlek Selatpanjang Riau

Festival Perang Air Tradisi Perayaan Imlek Selatpanjang Riau

Tradisi perang air merupakan sebuah tradisi dimana masyarakat terutama muda-mudi hingga anak-anak terlibat dalam permaian air selama perayaan Imlek atau tahun baru cina. Umumnya air dibungkus dengan balon, plastik atau menggunakan pistol air untuk saling menyerang. Orang-orang yang terlibat biasanya menggunakan sepeda, becak, motor, hingga pejalan kaki.

Tradisi tersebut mirip dengan tradisi Songkran atau festival air di Thailand. Peserta saling menyerang menggunakan air hingga basah kuyup. Bagi yang keluar pada jam-jam festival, sebaiknya bersiap-siap untuk basah.

Waktu Pelaksanaan Festival Perang Air Selatpanjang

Tradisi ini dilakukan setiap hari selama tahun baru imlek yang umumnya berlangsung pada hari pertama hingga hari ke 6. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa sering kali terlibat dalam tradisi tersebut.

Acara tersebut dimulai sekitar jam 15.00 hingga jam jam 19.00 wib setiap hari di sepanjang jalan. Bila ingin terlibat, sebaiknya siapkan air sebannyak-banyaknya dengan sebuah pistol air yang memadai. Air dapat berasal dari mana saja, bahkan dapat disiram dari lantai 2 rumah yang umumnya berdiri disepanjang jalan yang dilalui.

Tradisi tersebut sejak tahun 2016 telah diresmikan sebagai salah satu acara tahunan. Beberapa ketentuan telah diterapkan agar kegiatan berlangsung dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah sampah seperti yang terjadi setiap tahunya.

Cara Menuju Ke Selatpanjang

Selatpanjang merupakan sebuah kecamatan yang terletak di sebuah pulau kecil di daerah Riau Kepulauan. Untuk dapat sampai ke kota kecil tersebut cukup mudah. Setiap hari selalu ada kapal yang siap mengantarkan anda menuju kota tersebut.

Cara termudah untuk menuju Selatpanjang adalah melalui kota Batam. Dari Batam, dengan menggunakan kapal cepat dengan harga yang cukup murah, anda sudah dapat sampai langsung di kota kecil ini. Harga tiket kapal berkisar Rp.150.000 sekali jalan.

Saat ini sudah terdapat beberapa hotel di kota tersebut. Namun, sangat dianjurkan untuk memesan terlebih dahulu secara online sebelum berangkat. Dengan demikian, tidak terjadi kehabisan tempat tinggal atau hotel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,965 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.